NEWS
DETAILS
Minggu, 20 May 2018 21:21 - Astra Motor Yogyakarta

Sugeng ndalu Lur.

Setelah beberapa waktu ini Honda Istimewa fokus pada artikel-artikel yang isinya adalah informasi  tentang event, mulai saat ini Honda Istimewa mau berbagi tips yang bisa memperluas wawasan sekaligus membuat sedulur-sedulur semua menjadi #BikersIstimewa. Untuk edisi pertama ini Kita akan sharing informasi tentang tips melawan hoax.

Saat ini Kita hidup di era digital dimana hampir seluruh bikers mengakses media digital, khususnya berbagai platform social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya. Celakanya dalam setiap platform tersebut banyak sekali berita bohong / hoax yang beredar dan menyesatkan. Sebagai #BikersIstimewa, kita bisa lho berkontribusi untuk memerangi berita bohong / hoax tersebut. Beberapa hal yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut.

1.  Jangan Terburu-buru menyebarkan informasi

Ini salah satu syarat mutlak untuk memerangi hoax. Jangan terburu-buru menyebarkan berita yang belum tentu benar Lur. Kecuali sedulur-sedulur ini berlaku sebagai sumber informasi ataupun melihat dan mendengar secara langsung kejadian (di lokasi).

2.  Hati-Hati dengan Judul Provokatif

Berita hoax sering menggunakan judul yang sensasional dan provokatif. Tujuannya agar orang tertarik untuk membacanya dan juga menyebarkan berita tersebut. Bila menemui judul yang provokatif lebih baik cermati terlebih dahulu isi tulisannya Lur.

3.  Periksa alamat situs / URL

Saat mencermati sebuah berita, jangan lupa periksa juga alamat situs / URL tempat berita tersebut dimuat Lur. Hati-hati jika alamat situs / URL tersebut aneh, mencurigakan, ataupun berasal dari platform blog gratis.

4.  Cek Data dan Fakta

Untuk memerangi berita bohong / hoax, Kita tidak boleh malas untuk menggali informasi lebih lanjut terhadap suatu peristiwa. Sediakan waktu kurang lebih 5 menit untuk mengecek berbagai informasi terkait. Googling itu tidak susah kok Lur.

5.  Jadikan Media Arus Utama / Main Stream sebagai rujukan

Saat menemui sebuah berita yang sensasional, coba Lur cek dulu ke media online arus utama. Misalnya detik.com ; kompas.com ; tribunnews.com ; kumparan.com ; tempo.co ; cnnindonesia.com ; krjogja.com ; jogja.tribunnews.com ; harianjogja.com ; bisnis.com ; gridoto.com ; dan lain sebagainya. Apakah berita yang termuat di sana pasti 100% akurat? Ya belum tentu juga Lur. Mengingat proses manajemen berita di media online dan media cetak berbeda, masih ada ruang untuk adanya missed informasi. Namun demikian sebagai institusi media resmi, mereka punya tanggung jawab untuk patuh terhadap kode etik yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers.

Itu tadi Lur sedikit tips untuk #BikersIstimewa dalam memerangi berita bohong / hoax. Sedikit effort Kita memerangi hoax bisa berkontribusi lho untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

Matur nuwun. Sugeng ndalu Lur.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK