NEWS
DETAILS
Selasa, 17 Oct 2023 14:44 - Astra Motor Yogyakarta

Yogyakarta – Seringkali kita berkendara dengan cepat untuk mengejar waktu agar tidak terlambat misalnya pergi bekerja atau menghadiri suatu kegiatan. Namun, alangkah baiknya apabila kita dapat mengatur waktu secara bijak. Tidak sedikit dari kita sebagai pengendara sering mendahului atau menyalip kendaraan baik itu sepeda motor, mobil bahkan kendaraan besar sperti truk atau bus. 


Apabila kita tidak tahu teknik dan analisa yang tepat saat akan mendahului pengendara lain maka dampak risiko kecelakaan akan semakin besar. Tim Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Yogyakarta,Kedu, dan Banyumas akan membahas mengenai tips aman mendahului pengendara lain di jalan raya.
1. Posisikan gigi persneling yang tepat 
Posisi gigi persneling sangat berpengaruh pada tarikan atau kecepatan sepeda motor. Apabila kita ingin mendahului kendaraan lain sebaiknya turunkan gigi persneling terlebih dahulu agar mendapatkan power lebih saat mendahului. Jangan dipaksakan untuk mendahului dengan gigi persneling tinggi. 
2. Fokus ketika berkendara 
Ketika berkendara kita harus fokus dan konsentrasi penuh sehingga kita dapat merespon dan mengantisipasi bahaya dengan benar dan aman. Fokus dengan kondisi lalu lintas saat akan mendahului. 
3. Jangan mendahului di persimpangan jalan dan tikungan 
Ketika kita ingin mendahului kendaraan lain pastikan tidak ada persimpangan jalan di depan. Karena resiko bahaya akan semakin besar dan butuh analisa berkendara yang tinggi. Selain itu akan banyak terdapat blindspot area di persimpangan jalan. 
Selain itu, mendahului kendaraan lain di tikungan juga beresiko kecelakaan dikarenakan gaya traksi atau daya cengkram ban motor akan semakin kecil saat kita menikung atau berbelok sehingga akan berpengaruh dalam hal keseimbangan sepeda motor yang kita kendarai.
4. Menganalisa kendaraan yang akan di dahului 
Selain kita harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Kita juga harus pintar dalam menganalisa perilaku kendaraan yang akan kita dahului. Apakah kendaraan tersebut memberi ruang di sisi sebelah kiri atau kanan. Mendahului kendaraan lain tidak harus dari kanan. 
Untuk dapat berkendara dengan aman dan benar, kita dapat mengikuti pelatihan prediksi bahaya di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta yang beralamat di Jalan Jend. Sudirman Nomor 99 Yogyakarta. 
“Kepentingan keselamatan berkendara harus di atas kepentingan lainnya saat berada di jalan raya” pungkas Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal. 

***

RELATED
NEWS